SELAMAT HARI PANCASILA


5 Guiding Principle (Pancasila) from our founding fathers :
1. Believe in God
2. Nationalism
3. Humanity
4. Democracy
5. Social Justice
Poin utama konstitusi negara kita, pancasila dan UUD1945 (pasal 29) yg esensinya kerap ditinggalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentang konsep negara berketuhanan (religious state), believe in god.
Di negara ini tidak boleh ada sikap dan perbuatan yang anti-ketuhanan dan antikeagamaan. Tidak boleh ada sikap dan perbuatan yang menghina dan menistakan agama. Sama halnya tidak boleh ada sikap dan perbuatan yang mengerdilkan peran agama. Segala upaya sekularisasi, liberalisasi, komunisme/atheisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (memisahkan agama dan negara) tidak memiliki tempat dan bertentangan dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945.
Indonesia according to our founding fathers's consensus is not a "secular state, communist state, neither islamic state", but instead its indeed a "RELIGIOUS STATE" (negara beragama/berketuhanan), a nation state (ummatan wasathiyah).
So all our leaders especially in public sector should reflect to this guidance in all his words and action (Hassan Wirayudha, Former Foreign Minister, Public Policy's Class)
SELAMAT HARI PANCASILA. Jasmerah "jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah” (Ir. Soekarno, 17 Agustus 1966).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar